oleh

Ini Cara Shopee Agar UMKM Naik Kelas

Tiga Kampus UMKM Shopee di Solo dan Semarang, Jawa Tengah; dan Bandung, Jawa Barat terus membuka akses edukasi dan pelatihan bagi pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM). Dukungan itu merupakan cara dan komitmen Shopee untuk mendukung UMKM naik kelas.

Direktur Shopee Indonesia Handhika Jahja mengatakan, sebagai tonggak perekonomian Indonesia dan bagian dari keluarga besar Shopee, pihaknya melihat bahwa UMKM harus diberikan wadah untuk terus bertumbuh.

“Dengan kehadiran tiga Kampus Shopee Ekspor di Solo, Bandung dan Semarang diharapkan semakin banyak UMKM di sekitarnya terbantu untuk naik kelas untuk masuk ke ranah digital dan global melalui fasilitas dan layanan di Kampus UMKM Shopee Ekspor yang dirancang sesuai dengan kebutuhan UMKM,” ujar Handhika melalui keterangan resmi di Jakarta, Selasa (14/9/2021).

Baca Juga  Yanto Khomlay Eluay: Rakyat Papua Adalah Saudara Kandung dengan Saudara Lain di Republik Indonesia

Menurut Handhika, Kampus UMKM Shopee Ekspor menghadirkan empat fasilitas dan layanan, yakni bantuan operasional dan pendaftaran. Kampus juga memberikan simulasi gudang, sehingga pelaku UMKM dapat menyaksikan langsung demonstrasi proses pengelolaan stok, mulai dari proses inbound hingga outbound barang. Di kampus ini, pelaku UMKM juga memperoleh informasi serta prosedur dalam Program Ekspor Shopee.

Selain bantuan operasional, kampus Shopee juga menjadi pusat informasi cara mulai berjualan serta pelatihan untuk pelaku UMKM mulai dari Modul Dasar (Basic), Menengah (Internmediate), hingga Lanjutan (Advanced). Disediakan juga fasilitas penunjang seperti laptop dan smartphone agar pelaku UMKM dapat memahami beragam fitur Shopee.

Shopee juga menyediakan fasilitas penunjang pemasaran. Antara lain studio foto karena foto produk sangat krusial untuk pemasaran. Shopee pun menyediakan fasilitas studio foto untuk mengambil foto produk dengan kualitas yang baik.
Di kampus tersedia pula, Live Streaming Room. Lewat fitur Shopee Live, Shopee membantu para penjual membangun interaksi dengan para pembeli secara langsung. Fasilitas ini dilengkapi berbagai alat pendukung seperti background, tripod, lampu (ring light), dan bangku serta meja.

Baca Juga  Max Verstappen Tampil Dominan Juarai Grand Prix Styria Di Sirkuit Red Bull Ring

Tak hanya itu, kampus Shopee juga menyediakan ruang pertemuan dan pelatihan. Ruang Pertemuan Shopee menyediakan empat ruangan untuk pertemuan 1-on-1 antara pelaku UMKM dengan Trainer Shopee. Tempat ini didedikasikan untuk membantu para pelaku UMKM meningkatkan performa bisnisnya. Ada pula ruangan pelatihan yang berkapasitas sekitar 30 orang, dan dirancang sebagai ruang pelatihan yang diadakan enam hari seminggu.

Saat ini, Kampus Shoppe tersebar di Kampus UMKM Shopee Ekspor Solo: Jl Hasanudin No.98, Punggawan, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57132 Kampus UMKM Shopee Ekspor Bandung: Jl BKR No.27, Pasirluyu, Kec. Regol, Kota Bandung, Jawa Barat 40253; dan Kampus UMKM Shopee Semarang: Jl Setia Budi No.192, Srondol Wetan, Kec. Banyumanik, Kota Semarang, Jawa Tengah 50263. Semua kampus buka setiap hari (kecuali Minggu) pukul 09.00 hingga 17.00 WIB (khusus Sabtu tutup pukul 15.00 WIB).

Baca Juga  DPD AKSI Papua Barat Gelar Pembinaan kepada Pengusaha OAP

Handhika menambahkan, pihaknya mengucapkan terima kasih atas Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Jawa Tengah atas kepercayaannya bagi Shopee dalam mendorong dan mengembangkan UMKM.

“Sejalan dengan komitmen #ShopeeAdaUntukUMKM, kedepannya Shopee akan terus menumbuhkan UMKM melalui berbagai program dan inovasi yang kami hadirkan,” tukasnya. (*/cr2)

Sumber: beritasatu.com

News Feed